Sosok Daud Kim, YouTuber Korea Mualaf yang Kontroversial

Sosok Daud Kim akhir-akhir ini kembali menjadi sorotan dan menuai berbagai kritikan di mata netizen, simak yuk informasinya dibawah ini!

Sosok Daud Kim akhir-akhir ini kembali menjadi sorotan dan menuai berbagai kritikan di mata netizen. Karena kali ini, YouTuber asal Korea tersebut nekat melakukan penggalangan dana pembangunan masjid atas namanya sendiri di Incheon.

Meski memperoleh tekanan dari berbagai pihak, kini Daud tetap berada di Jakarta, Indonesia. Beliau juga menjelaskan akan segera memberikan seluruh rincian terkait jumlah dana yang sudah terkumpul.

Sosok Daud Kim yang Kontroversial

Berikut ini sudah ada beberapa fakta menarik dari sosok Daud Kim, antara lain:

Daud Kim merupakan salah satu YouTuber dan penyanyi asal Korea yang cukup terkenal di Indonesia. Namun, saat ini terkuak ada sejumlah skandal masa lalu sang YouTuber yang kembali tersorot.

Karena hal tersebut banyak sekali netizen Indonesia yang ingin mencari tahu latar belakang kehidupan pribadinya. Berikut ini sudah ada beberapa fakta menarik dari sosok Daud Kim, antara lain:

1. Biodata Daud

  • Nama lengkap: Kim Jae Han
  • Nama YouTuber: Jay Kim
  • Nama usai mualaf: Daud Kim
  • Usia: 32 tahun
  • Tempat lahir: Korea Selatan
  • Tanggal lahir: 9 Januari 1992
  • Nama akun Instagram: @jaehan9192
  • Nama kanal YouTube: Daud Kim Official
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Agama: Islam
  • Pekerjaan: YouTuber

2. Awal Karier Hingga Perjalanan Hijrah

Pria yang bernama asli Kim Jae Han ini telah memulai kariernya sebagai salah satu penyanyi di mana YouTube. Di mana seringkali mengunggah karya orisinalnya ke aplikasi tersebut dengan nama Kim Jay.

Pada waktu September 2019, Kim yang sebelumnya memiliki nama baptis David telah mengumumkan dirinya bahwa sudah menjadi seorang mualaf. Hal ini terlihat dari akun Instagramnya ketika melaksanakan umrah.

Tentu, hal tersebut membuat kehidupannya semakin disorot oleh khalayak umm. Namun, tetap memperoleh dukungan dari umat Muslim di dunia, khususnya Indonesia.

Sosok Daud Kim setelah masuk Islam, seringkali membahas berbagai macam konten tentang Islam di kanal YouTube miliknya. Bahkan, Daud juga sempat menceritakan kehidupannya dan hadir dalam acara podcast pada kanal YouTube milik Arie Untung.

Di mana dirinya saat itu mulai terbesit untuk menjadi seorang mualaf. Hal ini terjadi tidak lama setelah mengadakan konser di Indonesia pada tahun 2018.

Saat itu, dirinya merasa sangat kagum dengan perempuan yang berhijab di tengah cuaca panas Indonesia dan keramahan orang Indonesia. Bahkan, dirinya pernah melontarkan pertanyaan kepada salah seorang perempuan, Indonesia.

Sosok Daud Kim menjadi semakin kagum, karena memperoleh jawaban bahwa perempuan berhijab tersebut. Di mana perempuan itu memutuskan untuk menutup auratnya karena Allah SWT, tanpa adanya paksaan dan niat yang tulus.

3. Terlibat Dalam Beberapa Skandal di Masa Lalu

Youtuber asal Korea tersebut justru pernah terlibat sejumlah skandal yang mencoreng namanya, tidak lama setelah memutuskan untuk mualaf. Seorang perempuan mengungkap dirinya pada 26 Agustus 2020, hampir mendapakan pelecehan oleh YouTube Korea tersebut.

Sebetulnya, dirinya sebelum mengaku telah mualaf, pernah juga tertuduh melakukan pelecehan seksual terhadap dua warga negara asing (WNA).

Kasus tersebut tentu membuatnya mengunggah permohonan maaf pada akun Instagram. Seorang perempuan bernama Mia Lee sekitar 2 tahun yang lalu, juga pernah muncul ke publik.

Di mana telah mengaku sebagai ibu dari anaknya sosok Daud Kim dan menjadi istri sahnya. Dengan adanya pengakuan Mia tentu membuat netizen semakin terkejut dan heboh pada media sosial.

Hal ini karena banyak yang menyangka bahwa Youtuber asal Korea ini masih berstatus single. Sebab, dirinya juga tidak pernah membahas tentang rumah tangganya.

Bahkan yang paling mengagetkan, saat itu Mia mengungkapkan bahwa Daud sendiri tidak pernah memberikan nafkah terhadap dirinya dan juga sang anak.

Bahkan, perempuan tersebut mengatakan telah mendapatkan kekerasan rumah tangga dari YouTuber tersebut. Bahkan ironisnya, sosok Daud Kim permai kepergok bermesraan dengan perempuan lain di Turki, saat proses perceraian.

Daud Kim juga ramai tertuding telah memanfaatkan Islam hanya untuk kepentingan konten. Hal ini terlihat dari berbagai macam kasus yang bertentangan dengan kaidah agama tersebut.

4. Buka Penggalangan Dana Pembangunan Masjid di Incheon Atas Nama Pribadi

Youtuber asal Korea tersebut kembali menjadi sorotan, setelah berbagai skandalnya yang bikin geger pada masa lalu. Hal ini karena membuka penggalangan dana pembangunan masjid atas nama pribadi pada Incheon.

Sikap sosok Daud Kim tersebut menuai banyak kritikan netizen. Hal tersebut, karena penggalangan dana pribadi termasuk tindakan ilegal.

Di mana jumlah dananya diatas 10 juta KRW di Korea. Tindakan ilegal ini sebenarnya telah disampaikan oleh beberapa influencer Korea, seperti Farah Lee dan Ayana Moon melalui postingan Instastory.

Karena berbagai skandal Youtuber asal Korea tersebut pada masa lalu kembali kontroversi setelah penggalangan pembangunan masjid tersebut. Meski demikian, Daud berjanji bahwa dirinya akan memberikan seluruh rincian pengumpulan dana.

Bahkan, Daud Kim sempat menyinggung bahwa para pembohong tidak akan bisa menghentikannya melalui postingan terbaru di Instastory-nya, pada Kamis (18/4/2024). Jadi bisa dibilang sosok Daud Kim cukup kontroversial di kalangan masyarakat.