Ragam Manfaat Pijat Oksitosin, Ibu Menyusui Wajib Tahu

Ragam Manfaat Pijat Oksitosin, Ibu Menyusui Wajib Tahu

Ibu menyusui pasti sedikit tidaknya tahu tentang manfaat pijat oksitosin. Pijat ini merupakan suatu metode yang dilakukan untuk membantu produksi asi lebih baik. Tentu saja tidak semua orang bisa melakukannya dan hanya ahli yang terjamin kompetensinya.

Jika ibu ingin mendapatkan pijat tersebut untuk memberikan asi lebih banyak kepada sang buah hati. Pilihan tepat untuk memilihnya dan jangan kaget akan ada banyak manfaat lainnya selain hanya memberikan produksi asi lebih baik.

Cara Kerja dari Manfaat Pijat Oksitosin untuk Produksi Asi

Ragam Manfaat Pijat Oksitosin, Ibu Menyusui Wajib Tahu

Sebelum masuk ke dalam manfaat-manfaat lain, selain produksi air susu ibu lebih banyak. Mari bahas bersama tentang bagaimana cara kerja dari hormon oksitosin kenapa bisa memperbanyak produksi air susu ibu. Secara singkat bahwa proses menyusui bisa terjadi karena mulut bayi menyentuh puting payudara ibu dan merangsang hormon oksitosin keluar. Ketika hormon tersebut meningkat, maka kelenjar payudara dan saluran asi berkontraksi.

Nah, hal sederhana inilah yang membuat air susu ibu keluar saat menyusui, dengan begitu plus adanya boostingan dari pijat kali ini. Tentu saja produksi dapat menjadi semakin masif dan mempermudah ibu dalam memberikan nutrisi. Bisa dikatakan bahwa hormon kali ini hanya sebagai keran untuk melepaskan asi keluar dari puting payudara. Sementara untuk hormon yang memengaruhi banyak sedikitnya produksi air susu ibu, dipengaruhi oleh hormon prolaktin.

Tidak lengkap tanpa membahas bagaimana cara kerja dari pijatan ini, di mana mudahnya pasien akan diposisikan dalam keadaan duduk, lalu terapis mulai memijat bagian belakang sepanjang sisi tulang belakang. Untuk durasi kurang lebih sampai dengan 5 menit untuk paling lama, dan 3 menit untuk paling pendek. Tentu itu semua sudah menjadi dosis yang tepat agar manfaat pijat oksitosin bisa maksimal didapatkan. Tentunya itu semua harus dilakukan rutin dan didasarkan pada rasa kasih sayang. Apalagi jika itu dilakukan dengan sesekali bantuan suami, maka jelas dapat mendorong suasana hati jadi lebih baik.

Berbagai Manfaat Pijat Oksitosin

Berlanjut pada apa saja manfaat yang bisa didapatkan selain membantu produksi asi lebih banyak kepada sang buah hati, ada beberapa manfaat lain yang bisa Anda dapatkan melalui pijatan kali ini. Tentu saja ini akan sangat membantu juga bagi ibu pasca persalinan yang banyak belum fit tubuhnya. Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan, mulai dari relaks, sampai dengan memulihkan tidak seimbangnya hormon pascapersalinan.

1. Relaks jelas akan didapatkan

Kondisi relaks atau tubuh menjadi santai tentu akan didapatkan, sebab sebagaimana pijatan akan memperlancar peredaran darah manusia. Dengan begitu relaksasi jelas akan tercipta dan tentu saja membantu tubuh untuk lebih santai. Ibu pasca persalinan sangat butuh sekali kondisi tersebut agar tidak stres atau baby blues.

2. Mengurangi stres

Ibu yang baru saja melakukan persalinan dan ketika orang sekitar harus menjalani aktivitas sehari-hari. Pasti akan timbul rasa di dalam diri mengapa ia ditinggalkan ketika sedang butuh banyak bantuan dari orang sekitar. Nah, guna mengurangi hal tersebut dengan manfaat pijat oksitosin sudah pasti stres akan berkurang sedikit demi sedikit.

3. Membuat tidur lebih nyenyak lagi

Bagaimanapun ibu yang harus mengurusi bayi sendiri pascapersalinan, harus mendapatkan istirahat cukup agar keesokan harinya bisa kembali bugar seperti sedia kala. Dengan adanya bantuan dari pijatan para ahli, tentu akan membuat tidur lebih nyenyak serta pastinya membuat kualitas tidur lebih baik.

4. Ketidakseimbangan hormon bisa diseimbangkan

Harus diakui bahwa tubuh ibu pasca persalinan menjadi tidak seimbang hormonnya. Sehingga perlu penanganan khusus agar bisa menjadi lebih seimbang. Cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pijatan oksitosin. Dengan begitu produksi hormon akan menjadi seimbang dan membuat tubuh menjadi semakin bugar dan enak.

Pentingnya untuk Memeriksa sebelum Mendapatkan Manfaat Pijat Oksitosin

Meskipun memang relatif aman untuk dilakukan ibu pascapersalinan, namun jika ada luka terbuka pada daerah yang akan dipijat, patah tulang, dan kondisi medis lainnya. Tetap tidak disarankan untuk mendapatkan penanganan. Anda masih harus mendapatkan pemeriksaan agar mengetahui bagaimana bagusnya pijatan yang akan dilakukan. Tentu saja para fisioterapis yang akan melakukan pijatan harus berdasarkan data-data dari pemeriksaan tersebut.

Sebagaimana tekanan yang akan diberikan, tidak boleh asal karena itu akan memengaruhi bagaimana hasilnya. Sebab, tubuh ibu yang masih kurang bugar pada saat pasca persalinan pasti akan mudah untuk memar kembali. Tentu ini malah akan mendorong produksi asi yang sedikit, jadi manfaat pijat oksitosin yang harusnya bisa dirasakan malah akan menjadi tidak bisa dirasakan. Semua perlu pengukuran dahulu untuk mengetahui dosis terbaiknya.

Nah, jika Anda merasa memang perlu mendapatkan dukungan untuk memproduksi asi lebih banyak. Serahkan saja pada fisioterapis terbaik di Kota Anda, tentu saja pijatan ini sudah dibuktikan oleh banyak orang.
Dengan begitu tidak akan ada ibu lagi yang mengeluh tidak bisa memberikan asi kepada sang buah hati. Dengan ragam manfaat pijat oksitosin tentu saja Anda akan bisa memberikan nutrisi sekaligus tubuh yang bugar kembali.